Rabu, 04 Mei 2011

RPP FIQH f2010/11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Bersuci dan hikmahnya
Alokasi waktu : 4 x 40

1. Standar Kompetensi
Membiasakan bersuci (Thaharah) dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan makna Thaharah, dan ketentuan-ketentuan Thaharah
- Membedakan antara hadas, najis, dan kotor.
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui makna Thaharah, dan ketentuan-ketentuan Thaharah
- mengetahui dan dapat membedakan antara hadas, najis, dan kotor.
4. Indikator
- Menjelaskan pengertian Thaharah, dan ketentuan-ketentuan Thaharah
- mempraktekkan tata cara Thaharah
5. Materi pokok
Bersuci dan hikmahnya
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
- Bertanya kepada siswa tentang makna Thaharah, dan ketentuan-ketentuan Thaharah, serta perbedaan antara hadas, najis, dan kotor.

b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi pengertian Thaharah, hadas, najis.
-mengidentifikasikan macam-macam hadas dan memberikan contohnya
- menjelaskan perbedaan kotor, dan najis
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar dapat mengambil hikmah bersuci
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
Buku mata Pelajaran, kamus bahasa Arab – Indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal






No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1


2 Apa yang dimaksud thaharah?


Sebutkan macam-macam thaharah serta jelaskan!
Thaharah adalah: bersuci yakni menghilangkan najis/kotoran yang terdapat di badan, pakaian/tempat.
1. thaharah dzohirah: terdapat pada badan, pakaian dan tempat, membersihkannya dengan cara mandi, berwudlu,tayammum
2. thaharah bathinah: terdapat pada hati membersihkannya dengan membersihkan dari sifat riya hasud dan lain-lain
3


4

Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan.
Jakarta,18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : jinabat (mandi wajib)
Alokasi waktu : 4 x 40

1. Standar Kompetensi
memahami tata cara mandi wajib setiap berhadas besar
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib
- Membedakan antara madzi, wadi, dan mani
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui tata cara mandi wajib
- mengetahui dan dapat membedakan antara madzi, wadi, dan mani
4. Indikator
- mampu menjelaskan tentang madzi, wadi dan mani
- mampu mejjelaskan tata cara mandi wajib
- mempraktekkan tata cara mandi wajib
5. Materi pokok
Jinabat (mandi wajib)
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
- Bertanya kepada siswa tentang jinabat, madzi, wadi, dan mani

b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tata cara mandi wajib
- menjelaskan perbedaan madzi, wadi dan mani
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
Buku mata Pelajaran, kamus bahasa Arab – Indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)










c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1

2 Apa yang dimaksud mandi besar?

Tulislah dalil al-qur'an tentang kewajiban mandi besar bagi orang dalan keadaan jinabat!
Mandi yang dilakukan oleh orang yang mempunyai hadas besar
                                              
dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (al-Maidah: 6)
3


6







Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan.
Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Berwudlu dan Tayammum
Alokasi waktu : 2 x 40

1. Standar Kompetensi
Membiasakan berwudlu sesuai tuntunan Rasul
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan berwudlu
- menghafal dalil-dali tentang wudlu
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui tata cara berwudlu
- mengetahui dalil-dalil pensyari'atan wudlu.
4. Indikator
- mampu mempraktekkan tata cara berwudlu
- mampu menghafal dalil-dalil tentang wudlu
5. Materi pokok
Berwudlu
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang tata cara berwudlu serta mempraktekkannya

b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang tata cara berwudlu
- menjelaskan rukun-rukun wudlu dan sunnah-sunnah wudlu
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar dapat mengambil hikmah berwudlu
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
tempat berwudlu
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1


Tulis dalil al-qur'an tentang pensyari'atan wudlu!


                                                                
6. Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (al-Maidah: 6)
6




Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan.
Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Shalat Jum'at
Alokasi waktu : 8 x 40

1. Standar Kompetensi
Memahami tata cara shalat dan khutbah jum'at sesuai tuntunan rasul
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat dan khutbah jum'at
- menghafal dalil-dali tentang sholat jum'at
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui tata cara shalat jum'at dan khutbah jum'at
- mengetahui dalil-dalil pensyari'atan sholat jum'at
- mengetahui tata cara khutbah jum'at (rukun dan syarat)
4. Indikator
- mampu mempraktekkan tata cara shalat dan khutbah jum'at
- mampu menghafal dalil-dalil tentang kewajiban shalat jum'at
5. Materi pokok
shalat jum'at
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang tata cara shalat dan khutbah jum'at serta mempraktekkannya
b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang tata cara shalat dan khutbah jum'at
- menjelaskan rukun-rukun dan syarat-syarat khutbah jum'at
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar dapat menyusun dan mempraktekkan khutbah jum'at
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal
No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1







2


Tulis dalil al-qur'an tentang pensyari'atan sholat jum'at!






Jelaskan rukun khutbah jum'at!                       



Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (al-Jumuah: 9)
1.mengucapkan alhamdulillah (pujiankepada Allah)
2. membaca shalawat nabi
3. membaca sebagian ayat al-qur'an
4.berdo'a untuk orang-orang mukmin dan muslim baik laki-laki/perempuan 6







4

Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Shalat sunnah
Alokasi waktu : 2 x 40

1. Standar Kompetensi
Membiasakan shalat sunnah
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan macam-macam shalat sunnah
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui macam-macam shalat sunnah
4. Indikator
- mampu mempraktekkan shalat-shalat sunnah
5. Materi pokok
shalat sunnah
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang macam-macam shalat sunnah dan mempraktekkannya
b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang macam-macam shalat
sunnah
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1



2
Sebutkan macam-macam shalat sunnah!


Siswa mempraktekkan sholat Idain

1. shalat idain: a. idul fitri
b. Idul adha
2. shalat khusufain:
a. gerhana matahari
b. gerhana bulan
3. shalat istisqa (shalat meminta turun hujan)

4



6




Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA





























RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Qunut
Alokasi waktu : 2 x 40

1. Standar Kompetensi
Memahami tentang qunut
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan tentang qunut
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui dan hafal bacaan qunut
4. Indikator
- mampu mempraktekkan qunut
5. Materi pokok
Qunut
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang qunut dan mempraktekkannya
b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang qunut
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1

Tulislah lafadz doa qunut

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
4


Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas
Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : himah-hikmah ibadah shalat
Alokasi waktu : 1 x 40

1. Standar Kompetensi
Membiasakan shalat lima waktu
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
- menghafal dalil-dali tentang sholat lima waktu
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui tata cara shalat lima waktu
- mengetahui dan hafal dalil-dalil pensyari'atan sholat
4. Indikator
- mampu mempraktekkan tata cara shalat lima waktu
- mampu menghafal dalil-dalil tentang printah shalat dan hikmah shalat
5. Materi pokok
hikmah-hikmah ibadah shalat
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang tata cara shalat

b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang tata cara shalat
- menjelaskan rukun-rukun dan syarat-syarat shalat dan hikmah shalat
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar melaksanakan shalat lima waktu
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1








2
3
Tulis dalil al-qur'an tentang pensyari'atan sholat!







Sebutkan syarat sah sholat!
Shalat apa saja yang termasuk shalat wajib (fardlu)!
                        
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (al-qnkabut: 45)


Syarat sah sholat adalah wudlu


Shalat subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan Isya 6








2
2

Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010
Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA
















RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Shalat berjamaah
Alokasi waktu : 1 x 40

1. Standar Kompetensi
Membiasakan shalat berjama'ah
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat berjama'ah
- menjelaskan tentang hikmah shalat berjama'ah
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui tata cara shalat berjama'ah
- mengetahui hikmah-hikmah shalat berjama'ah
4. Indikator
- mampu menjelaskan tata cara shalat berjama'ah
- mampu menjelaskan hukum shalat berjama'ah
- mampu menjelaskan syarat Imam dan ma'mum dalam shalat berjamaah
5. Materi pokok
Shalat berjama'ah
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang tata cara shalat berjama'ah dan syarat menjadi Imam dan ma'mum

b. kegiatan inti
- Membantu siswa mengidentifikasi tentang tata cara shalat berjama'ah
- menjelaskan tentang syarat-syarat menjadi Imam dalam shalat berjama'ah
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar berusaha melaksanakan shalat lima waktu dengan berjama'ah
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)






c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1




2

Tulislah dalil (hadis) tentang keutamaan shalat berjama'ah!



Sebutkan syarat menjadi Imam


عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً (رواه مسلم)
Dari Ibnu Umar sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: shalat berjama'ah lebih utama dari shalat sendiri' 27 drajat

Syarat menjadi Imam: bacaan al-qur'an paling fasih (baik), memahami rukun-rukun shalat,lebih tua dari segi umur, ahlul bilad

6




2




Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah
Alokasi waktu : 4 x 40

1. Standar Kompetensi
memahami tata cara berpuasa
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan berpuasa
- menjelaskan macam-macam puasa
- Mempraktekkan puasa ramadhan
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui pengertian dan tata cara berpuasa dan mempraktekkannya
- mengetahui hikmah-hikmah shalat berjama'ah
4. Indikator
- mampu menjelaskan pengertian puasa Ramadhan
- mampu menjelaskan hukum berpuasa pada bulan Ramadhan
- mampu menjelaskan orang-orang yang boleh tidak berpuasa
5. Materi pokok
Puasa Ramadhan
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang pengertian puasa
b. kegiatan inti
-Membantu siswa mengidentifikasi tentang pengertian puasa Ramadhan
- menjelaskan tentang dalil pensyari'atan puasa ramadhan
-menjel;askan golongan orrang-orang yang diperbolehkan tidak berpuasa
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar melaksanakan puasa Ramadhan
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)





c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1


















2

Tulislah dalil pensyari'atan puasa Ramadhan

















Sebutkan golongan orang yang diperbolehkan tidak berpuasa
       ••                                        
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (al-Baqarah: 185)


orang-orang yang boleh tidak berpuasa; orang sakit, musafir (dalam perjalannan) dan mereka harus mengganti puasa yang mereka tinggalkan di hari-hari lain
6




2













4

Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA





























RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Zakat
Alokasi waktu : 1x 40

1. Standar Kompetensi
memahami pengertian Zakat dan tata caranya
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan zakat
- menjelaskan macam-macam zakat
- Mempraktekkan zakat
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui pengertian dan tata cara zakat
- mengetahui hikmah-hikmah zakat
4. Indikator
- mampu menjelaskan pengertian zakat
- mampu menjelaskan hukum mengeluarkan zakat
- mampu menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat
5. Materi pokok
zakat
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang pengertian zakat

b. kegiatan inti
-Membantu siswa mengidentifikasi tentang pengertian zakat
- menjelaskan tentang dalil pensyari'atan zakat
-menjelaskan golongan orrang-orang yang diperbolehkan menerima zakat
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar melaksanakan puasa Ramadhan
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)





c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1



2








Apa makna zakat secara bahasa



Tulislah dalil al-qur'an tentang pensyari'atan zakat








Secara bahasa artinya tumbuh/berkembang
orang-orang yang boleh menerima zakat adalah: orang fakir, miskin, ibnu sabil dan lain-lain (8 asnaf)



          •        
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan[658] dan mensucikan[659] mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (at-taubah:103)

4




6








Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas
Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA
.

RENACANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MA (TMI) DARUNNAJAH JAKARTA
TAHUN 2010/2011


Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : X/ganjil
Materi pembelajaran : Zakat
Alokasi waktu : 1 x 40

1. Standar Kompetensi
memahami tata cara zakat mal
2. Kompetensi Dasar
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan zakat mal
- Mempraktekkan zakat mal
3. Tujuan Pembelajaran
- mengetahui hikmah-hikmah zakat mal
4. Indikator
- mampu menjelaskan hukum mengeluarkan zakat mal
5. Materi pokok
zakat
6. Metode
Mencatat, pemberian mufradat baru, penjelasan (ceramah)
7. Strategi Pembelajaraan
a. kegiatan awal
- memberi salam
-Bertanya kepada siswa tentang zakat mal
b. kegiatan inti
-Membantu siswa mengidentifikasi tentang hukum mengeluarkan zakat mal
-menjelaskan hikmah-hikmah mengeluarkan zakat mal
- Tanya jawab tentang materi
c. kegiatan akhir
- menyimpulkan materi bersama-sama
- memberikan tugas kepada para siswa agar selalu mengeluarkan zakat mal pada waktunya
8. Sumber Belajar/Bahan
- Kitab Fiqih (Depag)
- Fiqh Sunnah (sayyid Sabiq)
9. Alat dan Media
buku mata pelajaran, kamus bahasa Arab-indonesia
10. Penilaian
a. Jenis tagihan
Tes tertulis, tugas-tugas
b. Bentuk
Pertanyaan (menjawab soal-soal)
c. Soal

No Butir-butir soal Kunci jawaban Skor
1



2

Tulislah dalil yang berkenaan tentang zakat mal


Sebutkan beberapa hikmah pensyari'atan zakat mal

     
Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (ad Dzariyat: 19)


Mensucikan jiwa/hati dari sifat bakhil, menjembatani antara si kaya dan miskin
4



2



Catatan:
Untuk tugas Siswa dikerjakan diluar jam pelajaran dan dikoreksi setiap latihan-latihan/tugas


Jakarta, 18 Juli 2010

Mengetahui ;
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

H. Hasyim Sya’ban, S. PdI Jamaludin, MA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar